gebokan merupakan sejenis olahraga bola kecil

Kasti atau gebokan merupakan sejenis olahraga bola kecil. Permainan yang dilakukan 2 kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan. Pada awal permainan, ditentukan dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar, penentuan ini biasanya dilakukan dengan suit.Pasang Bola

Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya secepatnya setelah tumpukan batu rubuh oleh kelompok yang dikejar. Apabila bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu. Kerjasama antar kelompok sangat dibutuhkan seperti halnya olahraga soffball atau baseball.

Pemain serang yang berhasil pulang mendapat satu angka. Regu yang mendapat angka terbanyak ketika pertandingan berakhir dinyatakan menang. Pemain ini memang menggunakan gerak dasar berlari, memukul bola dengan sebuah tongkat, menangkap dan melempar.

Alat-alat Permainan

1. Tiang Hinggap
Dalam permainan kasti terdapat 3 buah tiang hinggap, 1 tiang pertolongan dan 2 tiang bebas. Untuk memudahkan pandangan baiknya bila tiang-tiang tersebut di cat warna putih, dengan dikaitkan bendera berwarna yang warna bendera batas, umpamanya berwarna biru atau hijau.

Bila tiang hinggap terbuat dari besi bagian atasnya harus dilengkungkan guna menghindari bahaya cedera.

2. Tiang Bendera Batas
Pada keempat sudut batas lapangan dan pertengahan garis samping dipancangkan tiang bendera batas, jadi terdapat 6 buah tiang bendera dengan tinggi sekurang-kurangnya 1,5 meter dari tanah, dicat berselang-seling putih-hitam dengan bendera berwarna terang dan mudah dilihat, seperti warna merah

3. Kayu Pemukul
Kayu pemukul terbuat dari kayu. Panjang 50 cm-60 cm. Penampangnya berbentuk bulat atau bulat telur, untuk yang bulat garis tengahnya 3,5 cm, dan yang berbentuk bulat telur lebarnya 5 cm dengan ketebalan 3,5 cm.

Panjang tempat pegangannya 15 cm-20 cm, bulat pegangan 3 cm, dan untuk pemula bidang untuk memukul panjangnya 30 cm-40 cm, lebarnya 10 cm. Panjang pegangan 15-20 cm. Untuk latihan hendaknya disediakan kayu pemukul sebanyak-banyaknya, setidak-tidaknya setiap 2 orang 1 kayu pemukul.
4. Bola Kasti
Bola kasti bagian luarnya terbuat dari karet atau kulit, di dalamnya diisi dengan wol, kapuk, sabuk atau ijuk. Keliling bola 19-21 cm, berat bola 70 gr-80 gr. Bola harus cukup elastis dan tidak boleh keras. Untuk anak-anak pemula dapat digunakan bola tenis. Di dalam pelajaran atau latihan sebaiknya disediakan bola sebanyak mungkin, paling tidak 2 orang anak dengan 1 bola.

5. Bendera untuk Pembantu Wasit
Ukuran bendera lebar x panjang: 20×30 cm. Warna mecolok dan mudah dilihat dan berlainan dengan warna bendera tiang hinggap dan bendera batas. Banyaknya 3 buah untuk 3 orang pembantu wasit.

6. Tali
Tali untuk garis batas lapangan, ukuran sebesar jari dengan warna yang mudah dilihat (mencolok), panjangnya sekitar 240 m.

7. Pen Besi
Pen (paku) besi memiliki panjang kurang lebih 17 cm, banyaknya paling sedikit 20 buah, pen besi ini digunakan untuk membuat garis batas dengan tali. Untuk menancapkan pen ke dalam tanah diperlukan alat pe,ukul.