Olahraga Ini Cuma Ramai Penonton di Amerika

Cabang olahraga yang ada di berbagai negara di dunia ada sangat banyak macamnya. Mulai dari olahraga yang gampang buat dimainkan, sampai olahraga-olahraga yang mempunyai risiko tinggi bagi para pelaku atau pemain olahraga itu sendiri.

1. American Football.

Bola berbentuk lonjong yang terlihat mirip dengan buah coklat atau kakao ini mungkin masih terlalu asing bagi kebanyakan orang. Siaran olahraga ini saja hanya bisa ditonton bagi mereka yang berlangganan tv nirkabel, yang menyiarkan program dari channel-channel luar negeri.

American Football adalah jenis olahraga yang sama kerasnya dengan olahraga sepak bola. Setiap pemain diwajibkan memakai full body protector atau pelindung tubuh, yakni mulai dari helm dengan pelindung khusus di bagian muka, pelindung siku dan lutut, pelindung dada dan bahu, hingga pelindung bagian kelamin. Pelindung tersebut dipakai di dalam kaos tim yang yang digunakan seorang pemain. Liga yang paling bergengsi di Amerika adalah NFL atau National Football League.

Tidak jarang para pemain salang adi otot untuk saling memperebutkan bola lonjong ini. Olahraga asli dari Amerika ini dimainkan oleh 11 pemain yang masing-masing ada dalam dua tim yang sedang bertanding di lapangan.

Lapangan yang digunakan hampir mirip mirip dengan bentuk lapangan bola, namun mempunyai ukuran tersendiri dengan ukuran 100x 70 meter dengan “end zone” atau garis akhir lawan di masing – masing ujungnya. Sebuah tim berhak mendapat tambahan 6 poin bila berhasil melakukan “touch down” di garis akhir lawan.

Masing-masing ujung lapangan juga ada sebuah tiang yang berfungsi sebagai tambahan poin sebanyak 3 poin, jika bola dari seorang pemain yang melakukan tendangan bebas berhasil melewati batas tiang horizontal seperti huruf “H”.

Aturan permainannya, setiap tim diharuskan melakukan touch down di “end zone” lawan sebanyak 4 kali untuk menambah poin mereka. Jika dalam satu putaran dengan waktu yang ditentukan sebuah tim tidak bisa membuat 4 kali touch down, giliran bermain akan diberikan pada tim lawan.
Pasang Bola

2. Basket.

Tahukah Kamu, 6 Jenis Olahraga Ini Cuma Ramai Penonton di Amerikayoutube,com
Memasukkan bola ke dalam jarig dengan permukaan kasar khas bola basket adalah inti dari olahraga ini. Olahraga ini cukup populer di Amerika dengan liga basketnya yang sangat populer juga di dunia yaitu NBA atau National Basket Ball Association.

Masing-masing tim hanya diperbolehkan memainkan 5 pemain di lapangan dan tidak ada batasan pergantian pemain, hanya saja ada yang namanya “time break” dengan selang beberapa menit bagi pelatih untuk memberikan intruksi strategi pada para pemainnya. Selain itu suatu tim basket diharuskan untuk selalu bergerak menyerang, dan tidak boleh melakukan ke belakang kembali ke area pertahanan sendiri.

Selain itu ada aturan pivot, yaitu sebuah aturan gerak dan tumpuan kaki khusus dalam melakukan gerakan memutar badan. Namun setiap pemain diharuskan tetap melakukan dribble bola jika tidak ingin dianggap sebagai sebuah “double” atau pelanggaran oleh sang wasit.

3. Baseball.

Tahukah Kamu, 6 Jenis Olahraga Ini Cuma Ramai Penonton di Amerikathesummitleague.org
Olahraga yang mirip dengan dasar permainan kricket atau di Indonesia lebih dikenal dengan kasti yang memukul bola dengan tongkat kayu berbentuk lonjong di bagian atasnya juga hanya populer dan ramai jumlah penonton jika diadakan di Amerika saja. Padahal dari alur permainan, olahraga ini sangat seru untuk dimainkan. Tapi di negara lain, sangat sedikit jumlah atlet yang berminat melakukan olahraga ini.

Dalam permainan baseball ada seorang pemain yang berperang sebagai pelempar bola untuk pemukul bola dari tim lawan. Posisi pemain ini dinamakan pitcher. Dan anggota pemain lain bertugas untuk menangkap bola yang dipukul lawan sekaligus menjaga pos-pos yang harus dilewati lawan untuk menambah poin.

Poin akan bertambah bagi sebuah tim setelah sang pemain berhasil memukul bola berlari masuk dan mengitari pos sampai kembali ke area tempat pemain memukul bola. Di belakang pemukul bola, ada seorang pemain yang bertugas menangkap bola jika arah lemparan pemain meleset yang ditemani seorang wasit. Liga yang paling bergengsi di Amerika adalah MLB atau Major League Baseball.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *